Tips Membuat Cincin Emas Kembali Kinclong dengan Mudah

By | May 5, 2020

Tips Membuat Cincin Emas Kembali Kinclong dengan Mudah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Membuat cincin emas kembali kinclong sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, kebanyakan orang tidak mengetahui tata cara dalam proses pembersihannya. Sebagai seorang pemilik cincin berbahan dasar emas, pengetahuan dalam proses pembersihan perlu diketahui. Jika tidak, perhiasan yang dimiliki akan terlihat kusam dan tidak bersinar.

Tapi, bukankah proses pembersihannya bisa dilakukan oleh tukang? Hal ini memang benar. Namun, ada biaya yang perlu dikeluarkan bukan? Dengan memiliki kemampuan membersihkan sendiri, biaya pembersihan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Tapi memang, diperlukan usaha dan ketelitian lebih untuk meraih hasil maksimal saat proses pembersihan.

Untuk membersihkan cincin emas, bahan yang dibutuhkan bisa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok bahan yang bisa ditemukan di rumah dan kelompok kedua adalah kelompok bahan yang tidak bisa ditemukan di rumah. Anda harus mencarinya di toko perhiasan. Sekarang, mari bahas tata cara pembersihan menggunakan masing-masing kelompok tersebut.

Membersihkan dengan Bahan yang Bisa Ditemukan di Rumah

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk membuat cincin emas kembali kinclong adalah pasta gigi. Pasta gigi mengandung zat abrasif yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan kinclong pada emas. Selain itu, zat abrasif itu juga dapat menghilangkan kotoran yang menempel di bagian luar. Penggunaannya sendiri terbilang cukup mudah.

Pertama, campurkan pasta gigi dengan air secukupnya. Sebagai patokan, jangan sampai campuran air dan pasta gigi terlalu kental atau encer. Sebisa mungkin, buat kekentalannya seperti adonan kue. Jika kekentalan yang diinginkan sudah didapat, oleskan pasta gigi tersebut ke seluruh bagian emas. Diamkan selama 1 menit lalu lap hingga bersih dengan menggunakan kain.

Selain pasta gigi, sampo juga bisa digunakan untuk membuat cincin emas kembali kinclong. Untuk penggunaanya, buat sampo menjadi sedikit lebih encer dengan air hangat. Setelah tercampur dengan baik, oleskan campuran tersebut kepada emas dengan menggunakan pasta gigi. Sama seperti sebelumnya, lakukan proses pembersihan dengan memakai lap atau kain.

Membersihkan dengan Bahan yang Jarang Ditemukan di Rumah

Jika bisa membersihkan dengan bahan yang bisa ditemukan di rumah, untuk apa mencari bahan yang sulit ditemukan? Jawabannya adalah karena khasiat bahan-bahan ini lebih baik. Bahan pertama yang bisa digunakan adalah amonia. Dengan sifat korosif dalam amonia, kotoran di permukaan emas tentu akan lebih mudah terangkat. Cairan satu ini bisa anda dapatkan di toko perhiasan terdekat.

Untuk penggunaannya, campurkan cairan amonia dan air bersih dengan perbandingan 1 : 6. Jika sudah, rendam cincin emas di campuran amonia tersebut. Setelah satu menit, angkat dan lap menggunakan kain halus. Jangan terlalu lama saat merendam cincin emas didalam
larutan amonia. Walaupun bisa membersihkan, sifat korosif yang dimiliki bisa merusak emas jika direndam terlalu lama.

Cobalah juga untuk memakai alkohol dalam membuat cincin emas kembali kinclong. Zat etanol yang dimiliki dapat menghilangkan noda lemak yang menempel. Penggunaannya sendiri sangat mudah. Cukup dengan melakukan pembersihan menggunakan kapas pembersih telinga yang sudah dilumuri alkohol. jangan lupa untuk mengelap perhiasan jika sudah dirasa bersih.

Ingat, membersihkan cincin emas sendiri tidak seperti saat menggunakan jasa tukang. Jika menggunakan jasa tukang, komplain bisa dilakukan jika dirasa kurang bersih. Tapi jika membersihkan sendiri, tingkat kebersihan yang didapat tergantung ketelitian dalam proses pembersihan. Untuk itu, jangan asal-asalan saat melakukan tahapan yang dijelaskan di atas. Pastikan selalu maksimal dalam upaya membuat cincin emas kembali kinclong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *