Cara Menulis Artikel Online

By | June 5, 2020

Cara Menulis Artikel Online – Dewasa ini profesi sebagai seorang freelancer banyak menjadi pilihan masyarakat luas. Kemampuan manusia dalam mengelola diri serta memumnculkan ide-ide baru menjadi bekal penting untuk mencari sebuah pekerjaan. Itu artinya berbagai skill dapat dikembangkan begitu luas, mulai dari mendesain, mengelola sebuah web, atau menjadi penulis artikel online. Dan pastinya setiap kemampuan yang dikembangkan akan menghasilkan pundi keuangan.

Cara Menulis Artikel Online

Bahkan dengan menjadi penulis artikel online pun, Anda dapat mengkondisikan tempat dan waktu menjadi lebih fleksiel. Pasalnya Anda tidak harus pergi ke tempat kerja atau mengikuti tuntutan seperti seorang karyawan kantor. Menjadi penulis artikel online tidak memerlukan bakat khusus. Bagian terpentingnya adalah Anda bisa menulis dan membaca, selanjutnya tinggal mengembangkan kosa kata serta tekun mengerjakan job penulisan, dijamin Anda akan menjadi penulis artikel online yang handal.

Cara Menulis Artikel Online

1. Alenia singkat namun berisi

Apa itu maksutnya? Saat Anda mennulis artikel pastikan tidak terlalu banyak basa-basi. Dalam menulis artikel perlu adanya imajinasi dari penulis itu sendiri. Agaknya seperti pelajaran mengarang di Bahasa Indonesia. Tipsnya Anda bisa membuat dalam satu alenia hanya ada 3 sampai 5 baris tulisan. Selin itu setiap paragraf juga memiliki inti dimana menyangkut tema. Usahakan tidak melebihi 5 kalimat.
Selanjutnya jika mengira ini terlalu rumit, bisa saja menulis sepanjang yang Anda mau. Kemusian, penggallah paragraf panjang tersebut menjadi beberapa paragraf pendek.setelah itu baru cek tulisan Anda.

2. Tandai poin penting

Agar setiap orang yang membaca tulisan Anda pastikan memberikan penanda yang telah disepakati dalam dunia penulisan. Misalnya menggunakan warna dalam kata, warna dalam kata, subjudul (heading), atau bisa menggunakan bold/underline/italic. Dengan menggunakan keempat helper di atas secara masif, artikel Anda akan mudah dipahai isinya.

3. Mengikuti kaidah kebahasaan

Cara menulis artikel online selanjutnya adalah dengan mengikuti kaidah kebahasaan, artinya bukan bahasa yang hanya bisa dipahami oleh segelintir orang. Untuk menjadi penulis artikel segera buang bahasa alay Anda. namun peraturan ini bisa dikecualikan jika memang Anda menulis artikel online untuk anak alay lainnya.

4. Baper jumlah kata

Siapa yang tidak suka dengan artikel super lengkap dan sedikit basa-basi? Dipastikan semua akan memilih artikel yang isinya lengkap dengan bahasa yang jelas. Menulis artikel tidak harus dengan target minimal, misalnya 2000 kata. Sedangkan topik yang Anda bahas memang terlalu focus sehingga beberapa kata saja sudah cukup untuk menjelaskan isinya. Intinya adalah jangan sampai Anda memaksakan isi artikel. Artikel dengan kalimat yang terus berulang karena kejar jumlah kata akan terkesan membosankan untuk dibaca.

5. Judul yang menarik

Judul adalah faktor penting dalam menulis artikel online. Lebih jelasnya, orang akan mudah meng-klik artikel dengan judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran mereka. Kebanyakan orang mencari solusi atas masalah mereka di web dan memilih jawaban atas masalah mereka pada halaman pertama. Dengan judul yang singkat dan padat dapat menjadi acuan pertama yang pilih. Berikut contohnya judul yang menarik

  • Cara menghilangkan jerawat
  • Cara menghilangkan jerawat dalam 15 menit

Yang pertama singkat, padat, berisi sesuai dengan solusi. Cukup lah untuk jawaban yang diminta alias To the point
Yang kedua sedikit ber beda hanya dengan menambahi sedikit kata penyedap pada akhir judul artikel anda, bisa jadi salah satu pilihan yang patut untuk dicoba.

Bagaimana? sudah paham tata cara menulis artikel online seperti yang sudah Anda baca sebelumnya? Kalau sudah sekarang waktunya Anda untuk mengaplikasikan hasil dari pemahaman tersebut. Let’s try!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *