Baterai adalah perangkat yang menyimpan energi kimia dan tersedia dalam bentuk listrik. Cek juga suaratek.com yang membahas berbagai informasi mengenai teknologi terupdate. Baterai mengandung serangkaian perangkat elektrokimia yang mengandung satu atau lebih sel bahan bakar, sel galvanik dan sel aliran. Baterai listrik ini adalah array yang saling berhubungan dari satu atau lebih dari satu sel volta yang digunakan di dalam mobil, dalam obor, laptop, jam tangan digital dan hampir setiap barang elektronik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baterai Jadikan Objek Elektronik Bergerak

Serangkaian sel baterai

Sel-sel dalam baterai terhubung baik secara paralel, seri atau dalam kedua kombinasi. Sementara kombinasi paralel sel memiliki daya voltase yang sama dengan sel tunggal, ia dapat memasok arus yang lebih tinggi daripada sel tunggal. Namun, pengaturan paralelnya menderita masalah berulang. Jika satu sel melepaskan lebih cepat dari sel tetangganya, maka arus akan mengalir dari sel penuh ke sel kosong, sehingga menghabiskan banyak daya dan menyebabkan kelebihan panas berlebih. Kerugian lain yang ditandai adalah jika salah satu sel mengalami hubungan pendek karena gangguan internal, maka tetangganya akan dipaksa untuk mengalirkan arus maksimumnya ke dalam sel yang rusak, sehingga menyebabkan ledakan mendadak.

Kapasitas baterai untuk menyimpan muatan sering dinyatakan dalam jam ampere [1 A.h = 3600 coulombs]. Jika baterai dapat memberikan arus satu ampere [1A] selama satu jam penuh maka dikatakan memiliki kapasitas dunia nyata sebesar 1 A.h.

Jenis baterai

Ada beberapa jenis baterai umum yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis termasuk baterai isi ulang dan sekali pakai, sel buatan sendiri, dan baterai traksi dan baterai aliran.

Baterai sekali pakai

Sel primer juga dimaksudkan untuk digunakan hanya sekali sampai bahan kimia berubah yang menyebabkan pasokan arus listrik lengkap dan baterai kemudian dibuang. Mereka biasanya digunakan pada benda yang lebih kecil dan portabel dengan tiriskan arus rendah. Mereka biasanya terkandung dalam drainase ringan dan peralatan drainase berat, kamera digital, jam tangan, jam komputer, dan alat bantu dengar.

Baterai isi ulang

Ini adalah sel sekunder yang dapat diisi ulang setelah dikeringkan. Hal ini dilakukan dengan menerapkan arus listrik yang dipasok secara eksternal yang membalikkan reaksi kimia yang biasanya terjadi saat digunakan. Itu digunakan dalam peralatan seperti sistem alarm, kendaraan, set tabung radio vakum, tikar kaca diserap dll

Baterai traksi

Baterai ini dirancang untuk memberikan daya untuk memindahkan kendaraan seperti mobil listrik dan motor derek. Ciri khas baterai traksi adalah elektrolit dalam baterai tergel.

Alirkan baterai

Mereka adalah kelas baterai khusus yang menyimpan jumlah elektrolit tambahan di luar sel daya utama baterai dan diedarkan ke seluruh pompa atau melalui gerakan. Mereka memiliki kapasitas tinggi dan secara khusus digunakan dalam peralatan laut.

Jadi, apakah itu mobil, PC, ponsel laptop, atau pemutar MP3, baterainya hampir di mana-mana untuk membuat Anda mobile secara elektrik.