Anting Emas Rusak? Begini Cara Menukarnya dengan yang baru

By | July 13, 2020

Anting Emas Rusak, Begini Cara Menukarnya dengan yang baru

Anting emas yang rusak bisakah ditukar kembali di toko perhiasan emas? mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang meresahkan bagi Anda. Memang memiliki sebuah perhiasan, terutama anting adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi seorang wanita karena bisa menambah kesan penampilan ketika bertemu dengan orang lain.

Perhiasan seperti anting mungkin saja bisa rusak kapan saja oleh banyak sebab. Bisa saja karena kesalahan dalam menyimpan, tidak sengaja tertarik, atau memang sudah rusak dari pihak toko namun tidak diketahui sebelumnya. Karena itu penting bagi calon pembeli untuk mengecek anting emas sebelum dibeli.

Lalu bagaimana jika ketika anting sudah dibeli ternyata mengalami anting emas rusak, baik itu lecet atau patah? Anda bisa mengembalikan anting tersebut ke toko perhiasan yang bersangkutan untuk diganti. Namun ada beberapa alasan atau syarat anting emas tersebut bisa diganti dengan yang baru.

 

Minta Konfirmasi dari Garansi yang Didapat Sebelum Membeli

Ketika Anda tahu ada yang salah dengan anting emas tersebut, Anda bisa langsung menghubungi toko perhiasan untuk meminta konfirmasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah anting ini rusak dari toko atau rusak selama di perjalanan. Ini bisa Anda lakukan setelah memastikan kerusakan pada anting.

Jika Anda yakin bahwa anting emas rusak, segera hubungi pihak toko perhiasan, supaya diberikan ganti anting baru. Biasanya toko resmi memiliki garansi serta asuransi perhiasan. Gunanya untuk mencegah masalah seperti ini di mana pelanggan merasa dirugikan karena ada kerusakan pada anting.

Garansi yang diberikan oleh toko termasuk juga pada anting emas rusak, baik rusak dari toko atau rusak selama pengiriman. Ganti rugi akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak toko karena biasanya ini merupakan komitmen dari toko. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap anting tersebut.

 

Melakukan Tukar Tambah untuk Mendapat Anting Baru

Cara ini biasanya dilakukan ketika anting emas yang Anda miliki rusak karena kesalahan pribadi, baik itu tersangkut, tertarik sehingga patah, atau karena sebab lain. Jika meminta ganti rugi kepada toko jelas tidak bisa karena ini merupakan kesalahan pribadi, apalagi jika anting sudah melewati batas garansi.

Cara yang terbaik adalah dengan menjual kembali anting Anda tersebut ke toko perhiasan emas, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya harga yang diberikan jauh lebih rendah dari ketika pertama kali Anda membelinya. Meskipun anting Anda memiliki sertifikat resmi yang harganya sangat mahal.

Tukar tambah juga bisa Anda lakukan jika Anda tetap menginginkan sebuah anting baru. Anda hanya perlu membawa anting emas rusak tersebut ke toko dan menyampaikan keinginan Anda. Anda akan diminta untuk menambahkan sejumlah uang guna mencukupi harga dari anting yang ingin Anda dapatkan.

 

Tukar Barang dengan Barang yang Memiliki Harga Sama

Cara ini mungkin lebih jarang digunakan karena sebenarnya agak rumit, namun prinsipnya sedikit mirip dengan tukar tambah. Ketika anting Anda rusak, Anda bisa membawanya ke toko perhiasan untuk ditukar dengan yang baru. Namun syaratnya harus memiliki rasio harga yang sama antara anting rusak dan baru.

Misalnya saja anting emas rusak Anda awalnya memiliki harga puluhan juta dan kemudian rusak, maka ketika Anda tukar dengan yang baru, maka Anda akan mendapatkan anting dengan nilai nominal anting rusak tersebut. Ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak ingin tukar tambah dengan pihak toko.

Anda bisa kapan saja menukar anting emas Anda ke toko perhiasan, namun tentu pihak toko memiliki ketentuan tersendiri. Ini bertujuan untuk saling tidak merugikan sehingga kepercayaan antara pembeli dan toko tetap terjaga. Karena itu, anting emas yang rusak bisa mendapatkan ganti yang baru di toko perhiasan emas terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *