Ternyata Jumlah Penumpang Pelni di Januari 2019 Melonjak

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni tunjukkan kapasitas positif pada awal tahun 2019 yang diikuti dengan kenaikan jumlahnya penumpang kapal cukuplah relevan.

Pada Januari 2018, jumlahnya pemakai kapal Pelni sekitar 343.965 konsumen setia serta sekarang ini Januari 2019 jadi 414.649 konsumen setia atau naik 21 %.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandaliko, Kamis (14/2) pagi menjelaskan, penambahan jumlahnya konsumen setia sekitar 21 % cukuplah menggembirakan buat Pelni.

Dia meramalkan kenaikan jumlahnya konsumen setia dilandasi banyak hal, salah satunya tingkat service yang semakin lebih baik, keringanan mendapatkan tiket yang dapat dibuka dengan HP, langkah pembayaran dengan kartu debit serta kebijaksanaan free bagasi sampai 50 kg untuk tiap penumpang kapal pelni.

Ridwan Mandaliko mengemukakan rasa sukur serta berterima kasih pada semua insan Pelni di kapal serta di darat, terutamanya di cabang-cabang di semua nusantara.

“Kepada Nakhoda serta beberapa ABK, kepala cabang serta semua insan Pelni yang sudah bertindak aktif dalam pasarkan kapal Pelni, kami mengemukakan terima kasih atas kerja kerasnya hingga dalam bulan Januari angkutan berjalan mulus serta kapasitas angkutan naik 21 persen”, kata Ridwan dalam keterangannya, Kamis (14/2/2019).

Rute yang Alami Kenaikan Tinggi

Dari data yang dikumpulkan, kenaikan berlangsung pada rute Jakarta-Medan, Jakarta-Makasar serta Jakarta-Ambon untuk rute jarak jauh. Sedang untuk rute pendek berlangsung kenaikan pada ruas Makasar-Baubau, Makasar-Ambon, Batam-Belawan, serta Ambon-Bandaneira.

Dari bagian waktu, konsumen setia pilih tanggal tanggal 4 sampai 19 Januari 2019 serta di akhir bulan. Penumpang dengan rute itu naik rata-rata di antara 5000 sampai 6000 orang /hari. “Kenaikan jumlahnya penumpang tunjukkan PELNI masih jadi pilihan transportasi, walau telah ada akses lewat hawa, kapal PELNI masih diperlukan serta jadi pilihan warga,” papar Ridwan.

Untuk melayani penumpang, Pelni sekarang ini menjalankan 26 kapal trayek nusantara atau kapal jarak jauh ke beberapa rute dengan kapal type 3000 pax 1 unit, type 2000 pax 9 unit serta type 3in1 yang bisa mengangkat orang, kendaraan serta container 2 unit, 1 kapal Roro, 1 kapal Fery Cepat serta 46 kapal pelopor.

“Kapal pelopor untuk menyambungkan wilayah maju ke wilayah terpencil ketinggalan, paling depan serta perbatasan (T3P),” tutup Ridwan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *