Pulau Bintan Indonesia

Bintan adalah salah satu pulau di Kepulauan Riau Indonesia. Terletak sekitar 40 km dari Singapura. Ibukotanya, Tanjung Pinang sebenarnya adalah ibukota Kepulauan Riau. Dari sini Anda dapat melihat pentingnya pulau Bintan.

Dibandingkan dengan Batam, Bintan lebih kaya dalam sejarahnya. Sehubungan dengan latar belakang ini, ia memiliki lebih banyak situs bersejarah untuk dikunjungi.

Sejarah Bintan terkait erat dengan sejarah Kesultanan Malaka dan Johor. Bintan dan seluruh Kepulauan Riau diperintah oleh Kesultanan Malaka. Ketika Portugis menyerang Malaka pada tahun 1511, rajanya melarikan diri ke Pahang dari Semenanjung Malaya dan kemudian ke Bintan di mana ia mencoba merebut kembali daftar paket sabang murah Malaka. Penggantinya pindah ke Johor dan mendirikan Kesultanan Johor.

Belakangan, Belanda menguasai pulau Bintan. Namun, Belanda kemudian diusir oleh pasukan yang didukung oleh Kesultanan Malaka.

Pada tahun 1824, Perjanjian London akhirnya menetapkan bahwa pulau-pulau di selatan Singapura adalah Wilayah Belanda. Lagi-lagi Bintan berada di bawah kendali Belanda.

Pulau Penyengat adalah tempat bersejarah bagi pengunjung. Terletak sekitar 6 km dari Tanjung Pinang. Itu adalah pusat agama, budaya dan administrasi wilayah di abad ke-19. Sultan Mahmud Shah dari Malaka memberikan pulau ini kepada istrinya, Raja Hamidah, putri Raja Ali Haji, komandan Bugis di Bintan, dalam upaya untuk mencapai perdamaian antara Melayu dan Bugis. Masjid agung, Masjid Raya dibangun di pulau itu. Masjid ini sangat besar dan terlihat dari Tanjung Pinang.

Raja Ali Haji adalah pahlawan bagi rakyat Bintan. Ada sebuah monumen di tepi laut yang memperingati dia yang mengorbankan hidupnya untuk rakyatnya melawan Belanda.

Di kota Tanjung Pinang, ada Makam Kolonial Belanda yang mencerminkan kehidupan pelaut di masa lalu.

Kuil Pohon Beringin adalah tempat yang populer bagi komunitas Tionghoa lokal dan pengunjung paket travel aceh murah Singapura. Terletak di kota bernama Senggarang. Kuil itu berusia sekitar 100 tahun.

Untuk pembuat liburan, ada 2 area luas untuk Anda pilih yaitu Lagoi (Bintan Resorts) di bagian utara atau Pantai Trikora di sebelah timur pulau.

Lagoi penuh dengan resor mewah seperti Banyan Tree Resort dan Club Med Ria. Ini adalah resor eksklusif lengkap dengan lapangan golf yang dirancang oleh desainer lapangan golf terkenal di dunia.

Resor dan hotel di Pantai Trikora terjangkau bagi pengunjung rata-rata. Untuk beberapa nama: Bintan Agro Beach Resorts, resor lengkap dengan fasilitas memancing seperti Ocean Bay Resort dan Kolam Kelong Trikora. Bahkan ada resort yang menyediakan pemandu selam yaitu Traveler Pondok Wisita. Pengunjung dapat menginap di kamar ber-AC atau non-AC semalam sebelum menyelam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *