Gaharu Super Tumbuh Subur di Bangka Belitung

Gaharu Super Tumbuh Subur di Bangka Belitung ,- Kepulauan Bangka Belitung nyatanya memang menjadi wilayah berpotensi. Bukan hanya dari segi kelautan saja, tetapi banyak tempat yang memang layak untuk di andalkan. Kita bicara saja tentang berbagai perkebunan yang telah banyak berkembang di wilayah ini. Diantaranya seperti perkebunan kelapa sawit, lada, dan beberapa jenis tumbuhan flora lainnya. Satu lagi yang perlu anda ketahui, Gaharu Super ternyata tumbuh begitu subur di tanah Bangka Belitung.

 

Gaharu Super Tumbuh Subur di Bangka Belitung
Gaharu Super Tumbuh Subur di Bangka Belitung

 

Sudah hampir semua orang tahu berapa tinggi harga gaharu tersebut. Untuk jenis super, gaharu terjual hingga Rp. 18 jutaan per kilonya. Bisa di bayangkan jika tumbuhan ini melimpah ruah menjadi panenan para pembudidaya kan? Pastinya perolehan untung sangat banyak dan menjanjikan sekali. Itu pun juga masih untuk harga Gaharu Super, sedangkan untuk jenis Double Super yakni mencapai 40 juta / kilo. Namun, untuk jneis gaharu double super para petani belum ada yang memilikinya.

Di tahun 2006 lalu, Kepala Sub Dinas Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni Ir. Andri Wiryono MS.c, menyatakan bahwa kayu gaharu jnis super tersebut memang mulai banyak di tanamn dan di kembangkan oleh warga. Khususnya untuk warga pulau Penyusup, Pulau Lempar, Permisan serta Bukit Perding dan sebagian di biarkan tumbuh liar begitu saja. Hal itu telah di sampaikan oleh Ir. Andri Wiryono MS.c pada Sabtu 5/8/06 yang telah lalu.

“Pengembangan kayu gaharu super ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, tapi sampai sekarang belum banyak yang tertarik melakukan budidayanya,” kata Andri.

Saat itu salah satu warga yang telah mengembangkan kayu gaharu tersebut adalah seorang bernama Amin Jauhari. Mulanya Amir memang hanya menanam 10 hektar kayu gaharu saja, tumbuhan yang mempunyai ciri khas berbau harum tersebut. Kini tumbuhan miliknya tumbuh dengan subur.

Sayangnya pohon gaharu baru bisa di panen setelah lamanya delapan tahun. Di usianya yang masih 5 tahun, pohon gaharu harus di suntik guna menghasilkan jaringan-jaringan dalam. Pohon gaharu di gunakan sebagai bahan pembuatan minyak wangi dan obat-obatan.
baca juga : http://ratuproperty.com/gaharu-super-tumbuh-subur-di-bangka-belitung/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *