Desain Apartemen Modern

Zaman modern memang menuntut manusia untuk semakin kreatif dan menata kehidupannya sedemikian rupa untuk membuat dunia ini semakin baik dan kondusif. Jika manusia modern tidak bisa mengikuti alur perkembangan zaman, maka hasilnya ia tidak akan bisa berkembang dengan mudah sebagaimana manusia yang lain. Semua hal di zaman modern ini disorot dan didesain sedemikian rupa, baik itu dari bidang bangunan, pakaian, makanan dan masih banyak lagi.

Salah satu efek dari arus modernitas adalah desain apartemen. Sebagaimana yang diketahui bersama selama ini bahwa apartemen memang terus mengalami perkembangan dan trend dari masa ke masa dikarenakan tanah kavling yang sulit didapat. Setiap zaman tentunya akan memiliki corak dan model tersendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memikirkan dengan baik desain apartemen supaya tidak ketinggalan trend.

Memilih model yang tepat untuk desain apartemen bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum akhirnya mendesain apartemen Anda.

Jika Anda lebih suka apartemen gaya perumahan yang praktis dan efisien, di satu sisi terkadang Anda tidak menyadari bahwa desain interior untuk apartemen sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan desain interior rumah minimalis. Keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tergolong terbatas dalam hal ruangan. Dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menggabungkan dua fungsi ke dalam satu ruangan hingga akhirnya menjadi ruangan yang multifungsi. Dengan demikian, maka apartemen Anda akan menjadi lebih rapi, luas, dan indah. Selain itu, ruangan Anda juga akan terlihat lebih teratur dan berkelas.

Merancang apartemen memang membutuhkan ketelitian yang lebih pada akurasi yang sama dalam hal menghitung setiap ruangannya. Oleh karena itu, Anda perlu menata ruang supaya lebih praktis dan multifungsi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips desain apartemen modern yang bisa Anda jadikan acuan saat hendak mendesain apartemen yang sama.

Jangan terpaku pada gaya minimalis

Meskipun apartemen Anda memiliki beberapa kesamaan dengan rumah yang minimalis, utamanya dalam hal ruangan, tetapi untuk memaksimalkan fungsi ruang yang Anda miliki, maka tidak perlu terpaku pada gaya minimalis. Agar kamar apartemen Anda lebih fungsional, maka bisa Anda rancang sesuai dengan selera atau persetujuan dari penduduknya tanpa harus dibayangi oleh ruang solusi dalam rumah minimalis. Diantara contoh yang sesuai untuk desain apartemen modern adalah dengan membawa penataan klasik pada ruang apartemen Anda karena desain itu cukup fleksibel jika diterapkan pada apartemen dengan komposisi yang seimbang.

Fokuslah merancang ruang interior apartemen yang cantik dan berkelas

Tips selanjutnya yang perlu Anda jalankan adalah dengan memfokuskan diri Anda untuk merancang ruang yang cantik dan berkelas. Jika Anda fokus untuk merancang ruang interior dengan tampilan ruang apartemen yang luas dan pemandangan interior yang cukup menawan, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda jalankan, diantaranya adalah dengan membuat pintu yang bisa menghubungkan dari satu kamar ke kamar yang lain. Anda juga bisa membuat fungsi ruang santai untuk keluarga dengan cara membongkar ruang utama. Hal tersebut justru akan membuat ruangan Anda dapat berfungsi secara lebih optimal.

Anda bisa menempelkan furniture built-in pada bagian tertentu atau sebelah sudut ruangan. Namun, Anda harus tetap menyesuaikan dengan ruangan. Dan untuk hal-hal yang sederhana, Anda juga bisa melakukan renovasi misalnya dengan menambahkan kain dekoratif dan lain-lain.

Menata perabotan dengan cantik dan berkelas

Pada bagian yang lain seperti pintu, umumnya bagian dari pintu utama apartemen letaknya dekat dengan tempat duduk. Sehingga, jika Anda membuka pintu, maka akan tetap berada dalam area tempat duduk tersebut. Sebenarnya, untuk menyamarkan fungsi dari ruangan yang cukup sempit sebenarnya Anda dapat menempatkan ukuran penuh cermin pada bagian depan untuk ruang tamu. Sementara untuk sofanya, usahakan untuk memilih jenis sofa yang multifungsi. Artinya, itu bisa juga Anda jadikan sebagai tempat tidur yang nyaman.

Tahukah Anda jika kehadiran sofa yang multifungsi tersebut sangat penting dan memudahkan Anda, terlebih saat Anda hanya memiliki satu tempat tidur di apartemen. Dengan sendirinya, itu bisa menjadi solusi jika ada keluarga atau saudara Anda yang menginginkan untuk tidur di apartemen Anda.

Jadikan ruangan dapur apartemen Anda cantik dan berkelas

Khusus untuk area dapur, Anda bisa menggunakan desain kitchen set dengan model linear. Usahakan untuk mendesain dapur Anda sesederhana mungkin. Jangan lupakan pula desain untuk menempatkan lemari es sehingga akan menjadi kompak dan tertib. Selain kayu, menjadi keharusan pula bagi Anda untuk menggunakan bahan kaca untuk jenis dapur elemen set karena pantulan kaca tersebut akan memberikan efek cahaya sehingga ruangan Anda akan terlihat berada di lahan tanah yang lebih luas.

Itulah beberapa ulasan mengenai desain apartemen modern yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mendesain yang serupa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *