Bangka Belitung Provinsi Penghasil Lada Terbaik

Wisata Berkebun, Petik Lada di Bangka
Wisata Berkebun, Petik Lada di Bangka

Bangka Belitung Provinsi Penghasil Lada Terbaik , – Bicara tentang Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Provinsi ini merupakan wilayah berpotensi cukup tinggi, baik dari segi pariwisata maupun lainnya. Misalnya adalah perkebunan, karena Babel mempunyai tanah yang terbilang subur tidak heran jika beberapa tumbuhan bisa berkembang baik di dataran tersebut. Salah satu tumbuhan flora tersebut adalah Lada, jenis rempah-rempah yang bermanfaat banyak bagi masakan. Dua jenis yang tumbuh di Bangka Belitung yakni Lada Hitam dan Lada Putih.

Sama-sama lada, namun yang membuat keduanya menghasilkan jenis yang berbeda adalah cara mengolahnya. Lada hitam di olah dari hasil pemetikan pohon lada yang masih muda, dan warnanya cenderung hijau. Berbeda dengan lada putih yang di panen dai buah yang telah masak berwarna orange kemerahan. Maka hasil lada ini berwarna putih dan bersih.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id/paket-belitung-4-hari-3-malam/

Bangka Belitung bisa di bilang telah menjadi wilayah dengan perkebunan lada terbaik. Hal ini disampaikan oleh Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia (RI) yang menyebutkan bahwa mutu lada putih di provinsi Bangka Belitung memang terbaik di dunia. Sehingga, untuk melestarikan serta meningkatkan produksi perlu adanya dorongan.

“Dari segi mutu lada Babel terbaik dan ini yang dicari-cari pasar dunia,” terang Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian dan Kehutanan KEIN-RI, Benny Pasaribu saat berkunjung di Pangkalpinang, Jumat (20/4/2018).

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa kunjungan KEIN – RI ke Bangka Belitung guna membantu mengembalikan kejayaan lada putih yang telah mengusung brand sendiri yakni ‘Muntok White Pepper’ di pasar dunia.

“Kami berharap pemasaran lada putih petani tidak berdasarkan mekanisme pasar. Untuk itu, pemerintah perlu membimbing petani dalam memasarkan hasil panen ladanya,” imbuhnya.

Menurut Benny, menanam lada sudah menjadi bagian dari warisan nenek moyang terdahulu. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan dorongan pembinaan, bantuan bibit, pupuk dengan kualitas terbaik sampai dengan pemasaran komoditas.

“Kunjungan ini untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo, untuk menyusun road map industrialisasi sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah ini,” tandasnya.

baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *